http://home-catalog.blogspot.com is a site specialized in engineering, design houses and interiors. we are here to provide a solution for you is also helping with you to have a dream house. In addition, here we sell some excellent products to add to your home decor with a natural nuasa, modern, kotempoler, and classical. We offer a product for the creative industry of SMEs in Indonesia. If you are interested and serious about promoting your products on the site please contact our Customer Service. Within the promotion period will not be in charge.
 

Desain Rumah Toko (Ruko) Dua Lantai






Sketsa gambar di atas adalah desain bangunan rumah tinggal + toko ( ruko ) bertingkat 2 lantai di atas lahan seluas 7 x 32 meter persegi. Ruko ini dapat pula difungsikan sebagai rumah kantor (Rukan).



Secara umum, sebagai tanggapan atas kondisi lahan yang memanjang, bangunan ruko di lantai 2 yang difungsikan sebagai tempat tinggal dibuat menjadi dua blok bangunan yang saling terhubung oleh koridor. Dua blok (massa) bangunan itu dipisahkan oleh taman dalam, untuk menjamin sirkulasi udara dan pencahayaan alami di dalam ruko, yang menjamin pula kesehatan penghuninya.  Tampilan (fasade) bangunan rumah toko ini bergaya / langgam minimalis, dengan konsep bentuk dan tata ruang arsitektur tropis.



Pada bagian depan terdapat halaman, di mana dinding terdepan bangunan mundur 8 meter dari jalan untuk parkir dan taman. Kemudian di belakang bangunan masih terdapat taman yang memang tidak lebar, tapi cukup memadai untuk sirkulasi udara dan pasokan cahaya alami. 

Pada denah lantai satu difungsikan sebagai ruang toko, yang berukuran cukup memadai (140 m persegi, dikurangi ruang tangga naik). Di bagian depan sebelah kiri terdapat tangga utama menuju lantai 2. Di belakang terdapat r. servis (km/wc), dapur kecil (pantry), dan tangga darurat,  yang juga menjadi tangga untuk keperluan servis (pembersihan rumah, cuci, jemur), yang menghubungkan dengan lantai 2 dan 3.. 



Pada lantai 2, pada blok bangunan depan diletakkan ruang-ruang semi privat, yaitu ruang tamu, ruang keluarga dan ruang makan. Juga ruang privat yaitu ruang tidur utama. Ruang makan bersebelahan dengan dapur yang langsung berhubungan dengan udara luar dari taman dalam. Taman dalam inilah yang menjadi pemisah blok massa bangunan depan dan belakang, Pembuangan air hujan dari atap sebagian diarahkan melalui taman dalam ini.
Pada blok di belakangnya diletakkan 2 tempat tidur anak dan 1 ruang ridur pembantu. Ruang tudur anak berdampingan dengan ruang belajar/kerja. Mushola diletakkan di balkon belakang. 



Pada lantai 3, yang difungsikan hanya blok paling belakang, digunakan untuk fungsi servis (cuci, jemur setrika). 



Untuk memenuhi fungsi lain pada ruang toko yang luas di lantai 1, seperti untuk ruang kursus, dapat dilakukan dengan memberi sekat tidak permanen seperti kayu lapis berfinishing, atau papan gipsum.




Designed by SB Basuki

basuki_design@yahoo.com
081280480064

0 Comment:

Posting Komentar

Don't writing SPAM couse will be dalate

 
Site Meter